Bulb dalam Fotografi

Pengertian Bulb

Kata bulb muncul karena di jaman lampau, dimana kamera menggunakan gelembung angin dalam karet (bulb) yang menekan mekanisme shutter sehingga membuka. Mode Bulb merupakan salah satu pengaturan speed shutter pada hampir semua kamera DSLR dan maupun mirror less. Mode ini biasanya ditandai dengan notasi. Perhatikan panel atau kontrol kamera yang digunakan  untuk mengatur ke mode bulb.  Umumnya menggunakan huruf B, anda dapat memutar putar panel control sampai pada posisi B. Perhatikan juga pada LCD pastikan telah diatur dalam mode ini.

Mode ini relatif hanya bisa dilakukan di malam hari atau tempat yang
minim cahaya, karena kurangnya cahaya yang menyinari objek dan memungkinkan
kita untuk membuka rana secara lama. Kita mungkin pernah melihat sebuah foto
dengan latar belakang gedung pencakar langit, lalu kendaraan yang bergerak seperti
sinar laser. Mode ini dikenal dengan nama lain yaitu: long exposure

Setting Bulb Pada Kamera DSLR Nikon

Setting Bulb Pada Kamera DSLR Nikon

Kecepatan Rana

Mode Bulb dapat menggunakan kecepatan rana diatas 30 detik, bahkan kita bisa menggunakan kecepatan selama yang kita mau. Pada mode Manual, rentang kecepatan rana maksimum pada kamera DSLR umumnya maksimum pada angka 30 detik. Sedangkan dengan mode Bulb ini kita dapat  mengatur kecepatan rana jauh di atas itu.

pengaturan-mode-bulb-pada-kamera-dslr-canon

Saat-saat penggunaan Bulb

Beberapa moment yang membutuhkan pemakaian mode ini diantaranya:

Memotret kembang api

Bulb - Kembang Api

Kembang Api (Sumber: www.myphotocentral.com)

Memotret lintasan cahaya lampu kendaraan

Bulb - Lintasan Cahaya Lampu Kendaraan

Lintasan Cahaya Lampu Kendaraan (Sumber:  alannobita.wordpress.com)

Memotret jejak bintang

 Bulb - Memotret jejak bintang

Memotret jejak bintang

Memotret dalam kondisi gelap dan bukaan kecil

Bulb - Low Light

Bulb – Low Light

Memotret foto lukisan Cahaya

Bulb - Lukisan Cahaya

Tips Bulb

Berikut tips yang bisa kamu lakukan saat mengunakan teknik ini:

  • Kamera
    Gunakan kamera DSLR yang dapat diatur dalam mode Bulb
  • Tripod
    Gunakan tripod untuk menghindari getaran
  • Kecapatan Rana
    Gunakan mode BULB pada pengaturan kecepatan rana (shutter speed). Dengan menggunakan mode ini, pengambilan cahaya akan berlangsung selama kamu masih menekan tombol pengambilan gambar, sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan. Kamu juga bisa mengatur kecepatan rana pada pengaturan lebih dari 3 detik.
  • Diafragma
    Atur diafragma ke bukaan F9 atau lebih untuk memaksimalkan cahaya.
  • Fitur Timer
    Untuk menghindari getaran di tangan, kamu juga bisa menggunakan timer. Penggunaan timer akan memberikan jeda dalam pengambilan gambar, sehingga kamera berada dalam keadaan diam saat pengambilan gambar dimulai
  • Perencanaan dan Persiapan
    Persiapkan gambar yang ingin kamu buat. Kalau kamu ingin memotret lampu kendaraan, pilihlah waktu dan tempat yang tepat sebelumnya. Misalnya, tempat yang cukup ramai namun tidak macet, sehingga cahaya tidak diam melainkan bergerak. Kalau kamu mau membuat gambar, coba dan rencanakanlah terlebih dahulu sebelum melakukan pengambilan gambar.
  • Kreatif dan Terus Mencoba
    Gunakan kreatifitas anda dalam memilih obyek gambar dan juga sumber cahaya yang akan digunakan. Anda dapat menggunakan bermacam sumber cahaya, seperti kembang api, senter, lilin, obor, atau bahkan lampu.

Menyiksa Kamera dengan Mode Bulb?

Salah satu efek dari waktu eksposure yang lama adalah panas, ketika sensor kamera ‘dipaksa’ bekerja dalam waktu lama, otomatis suhu sensor juga akan naik. Orang saja bekerja terus menerus pasti kecapekan kan.

Efeknya dari sensor yang terlalu panas, apalagi ketika dipakai terus menerus, tentu bisa menimbulkan kerusakan atau pun kualitas foto yang dihasilkan berkurang .

Oleh karena itu juga kamera DSLR kurang disarankan merekam video dalam waktu lama, dengan alasan yang sama yaitu mencegah umur sensor jadi lebih pendek (beberapa merk kamera menerapkan batasan waktu saat merekam video). Beberapa produsen kamera sudah merancang kamera sedemikian rupa sehingga tahan dipakai memotret, meski itu juga tergantung tipe dan kelas kamera itu, kamera kelas pro tentu lebih tahan.

Setiap kali Anda memotret dalam mode bulb dengan waktu lama, silakan istirahatkan kamera selang beberapa waktu agar suhu sensor kembali normal dan tidak dipaksa bekerja terus menerus, dengan begitu tentu Anda bisa menjaga usia kamera lebih awet.

Kamera yang disimpan saja tanpa dipakai, biasanya jauh lebih cepat rusak ketimbang ketika Anda memakainya memotret. Oleh karena itu jangan takut dengan resiko rusak, selama Anda bisa menjaga dan merawat kamera kesayangan Anda dengan baik.

Tuliskan komentar anda

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *