Delphi: Program Jam Digital

Komponen Timer

Pada sesi latihan ini anda akan diperkenalkan dengan komponen Timer yang berfungsi untuk menjalankan suatu baris atau beberapa baris perintah dalam interval secara kontinyu.

jam digital

Ada 2 Properti Timer yang sering digunakan yaitu:

  • Interval, properti ini digunakan untuk mengatur selang waktu pengeksekusian perintah, nilainya menyatakan dalam ms (milisecond) atau 1/1000 detik. Sebagai contoh, jika properti interval diberi nilai 1000 maka proses eksekusinya setiap detik.
  • Enabled, properti ini berfungsi untuk mengatur apakah perintah dapat dieksekusi atau tidak. Jika bernilai True maka baris perintah akan dieksekusi. Sebaliknya jika properti Enabled ini diberi nilai False maka perintan tidak akan dieksekusi.

Program Jam Digital

Untuk memudahkan pemahaman berikut ini contoh program jam digital menggunakan control Timer. Buatlah form dan letakkan sebuah control timer, label, dan button seperti pada gambar berikut ini.

Delphi - Jam Digital

Delphi – Jam Digital

Lakukan pengaturan properti pada control Timer1, Pada property Timer diisi = 1000, maksudnya agar perintah dikerjakan setiap 1 detik. Atur properti Enabled dengan True, dengan demikian perintah dapat dikerjakan begitu form dibuka.

Selanjutnya ketik pengkodeannya dengan mengklik ganda control timer1. Adapun codingya sebagai berikut:

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
     Label1.Caption:=formatdatetime('"Time  :"hh:mm:ss',now)
end;

Perintah tersebut akan dikerjakan berulang-ulang sesuai dengan interval waktu yang telah ditentukan.

Tambahkan kode berikut pada button1 untuk menutup form

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
     Close;
end;

Tuliskan komentar anda

Komentar

Tinggalkan Balasan