HTML – Pengenalan

Apa itu  HTML?

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Bahasa markah (bahasa Inggris: markup language) adalah sistem modern untuk menganotasi dokumen dengan cara yang secara sintaksis dibedakan dari teks. Ide dan terminologinya berawal dari “menandai” naskah, yaitu petunjuk revisi oleh editor, yang secara tradisional ditulis dengan pensil biru pada naskah penulis.

Pengenalan HTML

HTML menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

HTML bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

  • Elemen-elemen  HTML merupakan suatu blok-blok yang membentuk halaman
  • Elemen-elemen HTML direpresentasikan dengan tag-tag
  • Label tag HTML tags label dapat berupa  “heading”, “paragraph”, “table”, dan lain-lain

Contoh sederhana Dokumen HTML

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Page Title</title>
</head>
<body>

<h1>My First Heading</h1>
<p>My first paragraph.</p>

</body>
</html>

 

Penjelasan Contoh

  • Deklarasi  <!DOCTYPE html> mendefinisikan dokumen dalam format HTML5
  • Element <html> adalah element root dari halaman web
  • Elemen  <head>  membuat meta information tentang dokumen
  • Elemen <title> menunjukkan judul dari dokumen
  • Elemen <body> memuat isi halaman web yang tampak
  • Elemen <h1> mendefinisikan sebuah heading paling besar
  • Elemen <p> mendefinisikan paragraph

Apa itu Tag HTML ?

Saat web browser menampilkan sebuah halaman web, web browser membaca halaman web tersebut dari sebuah file teks dan kemudian mencari kode-kode special (dalam hal ini adalah tag HTML) yang ditandai dengan karakter “<” dan “>”.

Tag HTML pada umumnya dibuat berpasangan, ada tag pembuka dan ada tag penutup. Format umum tag HTML adalah :

<nama_tag> Teks yang akan ditampilkan </nama_tag>

Sebuah contoh, misalnya judul halaman ini menggunakan tag header :

<h3> Apa itu tag HTML ? </h3>

Tag tersebut akan memberikan informasi kepada web browser untuk menampilkan teks “Apa itu tag HTML ?” dengan style header level 3. Tag HTML dapat menginstruksikan web browser untuk menebalkan sebuah teks (bold), menampilkan dengan format miring/italic, membuatnya sebagai sebuah header dengan level tertentu, atau membuatnya sebagai sebuah hyperlink ke halaman web yang lain.

Sebuah tag penutup </nama_tag> selalu diberikan karakter “/”, yang berfungsi untuk memberhentikan proses tagging kepada web browser. Banyak tag HTML yang selalu berpasangan dengan cara seperti ini. Bila kita lupa memberikan tag penutup maka web browser akan menganggap bahwa tag tersebbut berlaku untuk keseluruhan dokumen dan hasil tampilan halaman web tersebut tidak seperti yang kita inginkan.

Penulisan tag-tag HTML tidak memperhatikan penggunaan huruf (case in-sensitive), apakah menggunakan huruf besar atau huruf kecil, akan menghasilkan tampilan yang sama.

Tidak seperti di bahasa pemrograman, kesalahan akibat peletakan atau penggunaan tag HTML tidak akan mengakibatkan sistem komputer menjadi hang atau rusak. Kesalahan tersebut hanya akan berakibat pada tampilan halaman web tersebut.

Web browser memang sengaja dirancang dengan kemampuan mengenali dan melaksanakan ‘hanya’ beberapa tag HTML dari keseluruhan tag standard W3C. Bila ada tag HTML yang tidak diketahui dalam halaman web yang sedang diproses, web browser akan mengabaikannya seakan-akan tag tersebut tidak ada.

Contoh : <tagsaya><h3>Apa itu tag HTML ? </h3></tagsaya>

akan menampilkan tampilan yang sama dengan <h3>Apa itu tag HTML ? </h3>. Jadi tag <tagsaya> dan </tagsaya> sama sekali diabaikan oleh web browser.

Web Browser

Tujuan dari web browser (Chrome, IE, Firefox, Safari) adalah membaca dokumen HTML dan menampilkannya

Web browser tidak menampilkan tag HTML, tapi menggunkannya untuk menentukan bagaimana dokumen ditampilkan.

Struktur Halaman HTML

Dibawah ini penjelasan struktur halaman pada contoh diatas.

 

Tuliskan komentar anda

Komentar

Tinggalkan Balasan