Perangkat Lunak (Software)

Bahasan kali ini tentang salah satu komponen sistem informasi, yaitu perangkat lunak. Bahasan meliputi pengertian perangkat lunak, pengelompokan perangkat lunak berdasarkan fungsi dan contoh-contoh produk perangkat lunak yang populer.

Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Definisi Perangkat Lunak

Definisi Perangkat Lunak

Pengelompokan Perangkat Lunak berdasarkan Fungsi

Komputer tidak akan berguna tanpa keberadaan perangkat lunak (Software). Komputer bekerja atas dasar instruksi. Sekumpulan instruksi diberikan untuk mengendalikan perangkat keras komputer. Sekumpulan instruksi ini dikenal dengan sebutan Program atau Program Komputer. Secara umum, program komputer inilah yang disebut perangkat lunak.

Berdasarkan fungsinnya perangkat lunak , dikelompokkan menjadi:

  • program sistem ( System Program)
  • program aplikasi (Application Program)

    Kelompok Perangkat Lunak

    Kelompok Perangkat Lunak

Program Sistem

Program Sistem ( sering disebut perangkat lunak pendukung atau support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti masukan/keluaran. Kedudukan Program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Itulah sebabnya, peran program sistem sering kali tidak terlihat secara langsung.

Program Sistem dikelompokkan lagi, menjadi:

  • Program Pengendali Sistem adalah program yang mengendalikan pemakaian perangkat keras, perangkat lunak, dan data pada komputer selama program ini di jalankan,. Misalnya, Sistem Operasi.
  • Program Pendukung Sistem adalah program yang mendukung operasi, manajemen, dan pemakai sistem komputer dengan menyediakan bermacam-macam layanan. Termasuk dalam kelompok ini adalah program utilitas, pemantau kinerja sistem, dan pemantau keamanan.
  • Program Pengembangan Sistem adalah program yang ditujukan untuk membantu pemakai dalam membuat/mengembangkan program. Termasuk dalam kategori ini yaitu compiler dan interpreter. Program Pengemvbangan sistem sering disebut dengan bahasa pemrograman

bahasa-pemrograman

Program Aplikasi

Program aplikasi (sering kali hanya disebut APLIKASI saja) adalah program yang dibuat oleh pemakai yang ditujukan untuk melakukan tugas khusus.

  • Program Aplikasi Serbaguna adalah program aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai untuk melaksanakan hal-hal yang bersifat umum.
  • Program Aplikasi Spesifik adalah program yang ditujukan untuk menangani hal-hal yang sangat spesifik. Misalnya, program pada sistem POS (point of sale) dan ATM.

Sistem operasi

Sistem Operasi Adalah : program yang bertindak sebagai perantara atau pemakai komputer dan perangkat keras komputer. Tujuan sistem operasi adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan pemakai dapat menjalankan program apapun dengan mudah.

Sistem Operasi

Sistem Operasi

Fungsi sistem operasi sebagai berikut

  • Management Proses mencakup peniapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang sedang berjalan atau sedang dijalankan.
    Management sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumberdaya komputer.
  • Management Data berupa pengendalian terhadap data masukan / keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dan peranti penyimpan skunder maupun dalam memori utama.
    Multiprograming
  • Multi programing merupakan suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer, berbagai sumberdaya dalam waktu yang berlainan. Sebagai contoh, dalam satu waktu sebuah program sedang menggunakan CPU. Sedangkan yang lain menggunakan printer. Di dalam sistem multiprogramming, sebuah program dijalankan dalam CPU sampai terjadisampai interupsi seperti permintaan masukan.

Konsep multi programming dapat dianalogikan dengan pengacara yang tentu saja tidak hanya menangani satu klien. Ketika suatu kasus dari seorang klien sedang menunggu proses pengadilan, sang pengacara dapat menangani kasus yang lain, dengan cara yang seperti ini tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia(menganggur).

Multi Tasking

Multi Tasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan seorang pemakai dapat menjalankan sejumlah program dalam waktu yang bersamaan . Cara ini umum nya dalam sistem PC. Dengan menggunakan sistem operasi window, seseorang dapat menjalankan program word untuk membuat dokumen dan sekaligus menjalankan program aplikasi Excel. Pemakai dapat berpindah dari suatu program ke program yang lain dengan mudah dan setiap program tetap d eksekusi oleh CPU.

Program Aplikasi

Program Aplikasi

Program Aplikasi

Spreedsheet

Spreadsheet (lembar kerja) adalah program serbaguna untuk mengelola data dalam bentuk tabel dan dapat melakukan perhitungan-perhitungan secara dinamis terhadap data. Microsoft Excel merupakan contoh dari Spreadsheet terkenal pada lingkungan windows, sedangkan StarOffice Calc merupakan contoh program presentasi Linux.

Program Presentasi

Program Presentasi adalah perangkat lunak/program yang digunakan untuk membuat bahan presentasi. Dan sekaligus untuk berpresentasi. Dalam hal ini, bahan presentasi bisa melibatkan teks, suara, gambar, video,dan animasi. PowerPoint merupakan contoh program presentasi yang terkenal dikalangan / lingkungan Window, sedangkan StarOffice Impress adalah contoh program presentasi di lingkungan linux.

Program pengolah citra

Program pengolah citra (image processing) adalah program yang digunakan untuk memanipulasi citra (gambar atau pun foto),berbagai contoh aplikasi pengolahan citra yang terkenal, dan salah satunya Adobe Photoshop merupakan contoh program yang terkenal di window, sedangkan GIMP merupakan contoh pengolahan citra yang terkenal dalam LINUX.

adobe-photoshop

Surat Elektronik (e-Mail)

Surat elektronik atau pos elektronik (bahasa Inggris: email’) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

gmail

Web Browser

Web Browser adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengakses informasi Web atau pun untuk melakukan transaksi via web. Contohnya, Internet Explorer dan Netscape Navigator merupakan contoh web browser yang terkenal dilingkungan window. Ada juga browser yang menyediakan untuk berbagai platform seperti chrome, opera dan Mozilla Firefox.

chrome

DBMS (database management system)

DBMS (database management system) adalah perangkat lunak  yang ditujukan  untuk me laksanakan manajemen data. Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk menyimpan data, manipulasi data, dan mengambbil data yang sangat mudah dan cepat. Dilingkungan PC yang berbasis Window,  Microsoft Access merupakan contoh DBMS yang sangat  populer.

Software Suite

Software Suite adalah kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah microsoft Office, Lotus SmartSuite, serta StarOffice. Microsoft Office merupakan produk yang terdiri atas sejumlah program seperti microsoft word, microsoft office , microsoft Excel, microsoft Access, dan beberapa program yang lain. Tentu saja, bila software suite di install pada komputer akan memakan ruang pada hard disk yang sangat besar, padahal belum tentu semua program akan digunakan oleh pemakai.

software-suite

 

Perangkat Lunak Multimedia

Dengan semakin maraknya pengguna multimedia untuk berbagai keperluan, industri, perangkat lunak multimedia juga berkembang dengan pesat. Sebagaimana diketahui, multimedia adalah teknologi yang menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi gambar, dan video.

Beberapa Perangkat lunak yang terkait dengan multimedia, antara lain :

  • Adobe Premiere : Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat film dalam berbagai format seperti (*.AVI, *.MOV).
  • Winamp : Perangkat lunak yang memainkan berbagai jenis berkas audio, seperti MP3.
  • Jet-Audio : Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengkonversi suara dalam kaset atau VCR menjadi data digital.
  • Macromedia Shockwave : Perangkat lunak untuk membuat halaman Web yang dilengkapi dengan audio dan animasi.

 

Tuliskan komentar anda

Komentar

Tinggalkan Balasan