Shot Fotografi – Teknik Pengambilan Gambar

Extreme Longshot

Shot Fotografi definisi dan Jenisnya

Shot Fotografi (Shot size/type of shot atau ukuran shot), merupakan terminologi sampai saat ini memang sangat bervariasi di lingkungan fotografi, meski demikian tetap ada prinsip-prinsip dasar yang sama dalam implementasinya. Pemberian nama dan pedoman untuk beragam tipe shot tersebut sampai saat ini seolah telah menjadi  “kesepakatan” umum dLm fotografi

Shot  adalah bidang Pandangan pada saat pengambilan gambar. Adapun beberapa jenis shot fotografi yang umum digunakan dan sangat penting untuk ada ketahui yaitu:

Extreme Long Shot

Dikenal juga sebagai Extra Long Shot atau Very Long Shot yaitu teknik pengambilan gambar mencakup area yang sangat luas dengan maksud untuk mengikut-sertakan objek dan kondisi disekitar subjek utama ke dalam frame.

Saat menggunakan teknik pengambilan gambar seperti ini disarankan agar Anda mencari komposisi yang menyatu antar subjek utama dengan objek dan kondisi disekitar subjek. Sehingga secara keseluruhan semua pada gambar terlihat menjadi sebuah kesatuan yang menarik dan relevan.

Long Shot

Pada teknik ini pengambilan gambar hanya menggunakan area yang cukup pas untuk memperlihatkan seluruh tubuh subjek tanpa terpotong oleh frame. Teknik ini hanya mensorot dan memprioritaskan subjek utama dan bermaksud untuk menonjolkan subjek dengan ekspresi dan interaksinya tanpa ada bagian tubuh yang terpotong.

Shot Fotografi: Long Shot

Shot Fotografi: Long Shot

 

Medium Long Shot

Teknik ini memiliki tujuan yang sama dengan teknik long shot. Hanya saja pada teknik ini batas pengambilan gambar dimulai dari bawah lutut kaki sampai atas kepala. Ruang yang diambil tentunya lebih sempit dari teknik long shot. Fokus pada teknik ini umumnya menekankan pada bahasa tubuh dari subyek. Untuk mendapatkan hasil yang bervariasi anda dapat mengarahkan subyek melakukan berbagai fose yang disesuaikan dengan tema dan konsep yang diusung.

Shot Fotografi: Medium Long Shot

Shot Fotografi: Medium Long Shot

Medium Shot

Pada teknik ini area pengambilan gambar sedikit lebih sempit dari teknik medium long shot di atas yaitu dimulai dari batas pinggang sampai atas kepala. Teknik ini bertujuan untuk menonjolkan lebih detail lagi bahasa tubuh dari ekspresi wajah subjek.

Shot Fotografi: Medium Shot

Shot Fotografi: Medium Shot

Close Up

Teknik pengambilan gambar close up mengambil area yang jauh lebih sempit yaitu batas sedikit dibawah bahu sampai batas kepala. Tujuannya untuk menceritakan secara detail ekspresi dan mimik dari wajah seseorang. Oleh sebab itu teknik pengambilan close up sering digunakan untuk memotret orang yang senyum, menangis, merenung, dan yang lagi trend saat ini digunakan untuk menampilkan kerutan wajah seseorang agar terlihat lebih dramatis.

Shot Fotografi: Close Up

Shot Fotografi: Close Up

Big Close Up

Shot Fotografi: Close Up

Shot Fotografi: Close Up

Teknik pengambilan gambar ini akan mengambil area yang lebih sempit lagi dari teknik close up standar di atas.

Batas area yaitu sedikit dibawah dagu sampai di atas dahi (batas kepala). Pada dasarnya tujuan teknik ini sama dengan teknik close up di atas hanya saja menekankan untuk lebih pada  ekspresi dan mimik wajah seseorang.

Anda dapat menggunakan lensa fix untuk lebih memberikan efek detail pada wajah atau kulit wajah. Usahakan gambar dapat sefokus mungkin pada bagian yang menjadi point of interestnya (PoI) misalnya pada bagian mata yang terlihar sangat bening, Anda dapat menggunakan DoF sempit dengan menggukan bukaan yang lebar misal 1.8 atau 2.

 

Extreme Close Up

Sedangkan teknik pengambilan gambar ini hanya menampilkan bagian tertentu saja pada wajah. Umumnya teknik ini digunakan untuk menampilkan bagian yang dianggap menarik dari wajah seseorang seperti hanya menampilkan bagian mata, hidung atau bibir.img_0996

 

Tuliskan komentar anda

Komentar

Tinggalkan Balasan