Teknik Fotografi DoF (Depth of Field)

Pengertian Depth of Filed

Depth of Field (DoF), adalah ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Dengan kata lain, Depth of Field (DOF) yang lebar berarti sebagian besar obyek foto (dari obyek terdekat dari kamera sampai obyek terjauh) akan terlihat tajam dan fokus. Sementara DOF yang sempit (shallow) berarti hanya bagian obyek pada titik tertentu saja yang tajam sementara sisanya akan blur/ tidak fokus.

Video tutorial teknik fotografi DoF dapat anda tonton melalui video youtube berikut ini:

 

Pembagian Depth of Filed

Pembagian Depth of Field

  • DOF sempit (shallow) berarti hanya bagian obyek pada titik tertentu saja yang tajam sementara sisanya akan blur/ tidak fokus.

DoF Sempit

  • DoF lebar berarti sebagian besar obyek foto (dari obyek terdekat dari kamera sampai obyek terjauh) akan terlihat tajam dan fokus.

DoF Lebar

Contoh DoF Sempit

Pada foto dibawah ini merupakan contoh DoF sempit dimana tangan subyek dan background foto tampak blur dan hanya bagian wajah saja terlihat fokus.

Contoh DoF Sempit

Contoh DoF Lebar

Pada contoh foto dibawah ini terlihat bagian depan ruangan hingga belakan ruangan termasuk subyeknya sendiri terlihat fokus.

Contoh DoF Lebar

3 Hal yang Mempengaruhi DoF

Beberapa kamera dilengkapi dengan tombol depth of field Preview didekat lens mount. Dengan menekan tombol tersebut maka kita akan melihat preview daerah yang fokus dan daerah yang out of fokus. BEberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengontrol depth of field adalah pemilihan angka aperture, jarak fokus dan tipe kamera. Singkatnya bukaan aperture yang lebih lebar dan jarak fokus yang lebih dekat akan mengakibatkan Depth of field yang lebih sempit. Merubah jarak subjek merupakan solusi bagi mereka yang tidak ingin merubah pengaturan eksposure lain karena merubah aperture  akan memerlukan penyesuaian perubahan Shutter speed maupun ISO.

3 Hal yang Mempengaruhi DoF

Jarak kamera dengan Subyek

Lebar ruang tajam berbanding lurus dengan kuadrat jarak objek. Jika kita mengubah jarak antara kamera dengan objek sebesar 3x (lebih jauh – dengan menggeser kamera mundur dari posisi semula) maka lebar ruang tajam akan menjadi 9x lebar semula.

Jarak kamera dengan subyek

Bukaan diafragma

Lebar ruang tajam berbanding lurus dengan diafragma. Contoh: jika diafragma dinaikkan 2 stop dari f/8 ke f/16, maka lebar ruang tajam akan menjadi 2x lebar semula.

Bukaan diafragma

Contoh DoF dengan bukaan diafragma

Berikut ini contoh foto-foto dengan beberapa bukan diafragma dan pengaruhnya terhadap DoF

slide11

Panjang fokus lensa

Lebar ruang tajam berbanding terbalik dari kuadrat panjang fokus. Dengan kata lain, lebar ruang tajam akan menjadi 4x lebar semula jika kita mengubah lensa dari 100mm ke 50mm (panjang fokus lensa setengah dari semula).

slide12

Contoh-contoh DoF

DoF - Fokus terpilih bagian Depan

DoF – Fokus terpilih bagian Depan

DoF - Fokus Terpilh Bagian Tengah

DoF – Fokus Terpilh Bagian Tengah

DoF - Fokus Terpilih Bagian  Belakang

DoF – Fokus Terpilih Bagian Belakang

12313765_10208459533071746_7815593311015509323_n

DoF – Fokus Terpilih Bagian Depan

DoF - Fokus Terpilih Bagian Depan

DoF – Fokus Terpilih Bagian Depan

DoF - Fokus Terpilih Bagian Tengah

DoF – Fokus Terpilih Bagian Tengah

DoF - Fokus Terpilih Bagian Tengah

DoF – Fokus Terpilih Bagian Tengah

 

Tugas DoF

Ikutilah petunjuk pada foto-foto dibawah ini

slide13 slide14

Tuliskan komentar anda

Komentar

Tinggalkan Balasan