Tipe Data pada Microsoft Acces

Sekilas Tentang Micorost Acces

SMicrosoft Accesebelum kita bahas mengenai berbagai tipe data dalam microsoft acces sebelumnya kita kenalkan dulu apakah microsoft Aceces. Microsoft Access adalah sebuah software DBMS (Database Management System) yang menegelola basis data relasional. Aplikasi ini dapat digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah basisdata dengan kapasitas yang besar. Microsoft acces menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan antarmuka yang ramah dan sederhana sehingga mudah digunaka. Microsoft Office Access yang termasuk salah satu paket dari Microsoft Office System.

Aplikasi imi dapat mengelola basis data dalam berbagai format, seperti: Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengembang atau programmer dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana maupun kompleks. Format MS-Access juga dapat digunakan dalam berbagai pemrograman berorientasi objek, sehingga cukup familiar dalam pengembagan aplikasi basis data atau sistem informasi.

Berbagai Tipe Data pada Microsoft Acces

Tipe data digunakan untuk menentukan dan mendefinisikan jenis data  yang digunakan struktur tabel. Berikut ini ada 10 jenis tipe data pada microsoftt acces:

Tipe Data pada MS Acces

Text

Tipe data Text digunakan untuk field alfanumeric (misalnya nama, alamat, kode pos, dll), jadi tipe data text disini memiliki banyak karakter dan karakter tersebut ialah 255 karakter pada setiap fieldnya.

Memo

Tipe data memo sama halnya dengan text, tetapi tipe data memo dapat menampung kurang lebih 64.000 karakter untuk tiap fieldnya, tapi tidak bisa diurutkan/diindekskan.

Number

Tipe data Number dapat digunakan untuk menyimpan data numeric yang akan digunakan untuk proses perhitungan matematis (misalnya mengurangi, menambahkan, mengkali dan membagi suatu bilangan). Tipe data Number terdiri dari berbagai jenis dan jangkauan sebagai berikut:

  • Byte,  bilangan bulat dengan jangkauan 0 to 255, ukuran memori 1 byte
  • Integer, bilangan bulat dengan jangkauan  -32,768 and 32,767 2 bytes
  • Long,  bilangan bulat dengan jangkauan  -2,147,483,648 and 2,147,483,647 4 bytes
  • Single,  bilangan real, presisi biasa, ukuran memori 4 bite
  • Double, Bilangan real presisis tinggi. ukuran memori 4 bite 8 bytes

Date/Time

Tipe data Data/time digunakan untuk data yang berjenis tanggal, waktu atau penggabungan dari tanggal dan waktu

Currency

Tipe data Currency yaitu data dengan jenis number, hanya saja pada awal angka selalu disertakan symbol currency default sesuai dengan regional setting yang digunakan, misalnya RP. $, dll. Currency dapat menggunakan angka dengan 15 dgiit dibelakang desimal dan 4 digit sesudah desimal

AutoNumber

Tipe data Auto Number adalah data yang tidak dapat kita isi secara manual melainkan ia terisi secara otomatis oleh Access, baik secara menjumlah ataupun random (acak) , AutoNumber biasanya digunakan untuk penomoran.

 YES/NO

Tipe data Yes/No merupakan tipe data dengan 2 pilihan saja yaitu Yes (1 atau Ture) dan No (0 atau False). dan format yang tersedia adalah Yes/No, True/False, dan On/OFF

OLE Object

Tipe data OLE Object digunakan untuk eksternal objek, seperti bitmap atau file suara

Hyperlink

Tipe data Hyperlink digunakan untuk menyimpan alamat internet atau file yang ditunjukan melalui alamat URL

Lookup Wizard

Jika menggunakan tipe data ini untuk sebuah field, maka bisa memilih sebuah nilai dari tabel lain atau dari sebuah daftar nilai yang ditampilkan dalam combobox

Tuliskan komentar anda

Komentar

Tinggalkan Balasan